Rabu, 18 Oktober 2017

Data Statistik Untuk Pembangunan Kalimantan Tengah






Hidup ini tak asik tanpa data statistik. Namun, bagi orang awam jika sudah mendengar tentang data statistik, mungkin ada yang menganggapnya biasa saja atau ada yang berpikir, “ah itu bukan urusan saya”. Memang, data statistik bagi kebanyakan masyarakat awam masih dipandang sebelah mata. Ia hanya dianggap sebagai informasi-informasi berupa angka yang tidak tahu selanjutnya mau dibawa kemana dan dipakai untuk apa.

Data statistik merupakan domainnya Badan Pusat Statistik (BPS). Karena di Indonesia sebagian besar publikasi resmi data-data tersebut melalui BPS. Sumbernya dihimpun dari hasil sensus Badan Pusat Statistik serta oleh berbagai lembaga, instansi dan pihak lainnya. Data-data tersebut umumnya meliputi semua sektor yang menyangkut kepentingan orang banyak misalnya jumlah penduduk, kondisi geografis, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan lain sebagainya. Kemudian secara berkala angka-angka tersebut nantinya akan terus diperbarui sesuai dengan keadaan terkini.

Bagi pemerintah khususnya pemerintah di Kalimantan Tengah data statistik tentu sudah sangat jelas fungsi dan manfaatnya. Data-data yang berupa angka tersebut memiliki peran ganda bagi pemerintahan. Pertama ia bisa menjadi alat bagi pemerintah untuk menyampaikan capaian-capaian kinerja pemerintahannya selama suatu periode. Kedua ia juga bisa menjadi patokan atau indikator untuk merumuskan dan menentukan arah kebijakan pemerintah kedepannya. Sehingga amat sangat besar peran data statistik bagi pemerintahan di jenjang manapun.

Lalu bagi masyarakat Kalteng sendiri seberapa pentingkah data statistik itu. Jawabannya adalah tergantung apa kepentingan yang ingin didapatkan dari data tersebut. Bagi kalangan pengusaha informasi tentang jumlah penduduk, pendidikan, pekerjaan, perdagangan dan lainnya akan sangat membantu dalam menentukan strategi bisnis. Dalam katalog yang di publikasi BPS banyak memuat informasi yang berhubungan dengan dunia usaha. Sehingga hal tersebut akan memudahkan para pengusaha dan investor untuk membantu mengembangkan usaha di bumi Tambun Bungai. Misalnya tingkat hunian hotel di Kota Palangka Raya yang kian tahun kian menunjukkan tren yang positif, bukan tidak mungkin indikator ini akan dijadikan oleh para pengusaha hotel untuk banyak mendirikan hotel di Kota Palangka Raya. Begitupun tingkat pendapatan dan konsumsi masyarakat Kalimantan Tengah yang semakin meningkat dapat dijadikan acuan bagi kalangan pengusaha untuk banyak mendirikan pusat hiburan dan pusat perbelanjaan. Sehingga pada akhirnya akan berimbas kepada pembangunan dan perkembangan yang masif terjadi di Kalimantan Tengah.

Bagi kalangan masyarakat awam mungkin banyak yang berpikiran data statistik tak berhubungan langsung dengan kehidupannya. Bahkan mendengar kata statistik saja agak malas rasanya untuk dipikirkan. Namun sesungguhnya entah disadari atau tidak, hampir setiap orang pasti pernah membaca dan memusatkan perhatian terhadap informasi statistika, kendati itu hanya sekedar untuk pengetahuan pribadi semata.

Contoh kasus saat pilkada, ketika hasil quick count di tayangkan, ternyata calon A perolehan suaranya unggul sekian persen dibanding calon B. Beberapa orang yang menyaksikan itu sambil nongkrong di warung kopi pun mulai berdiskusi membahas hasil tersebut. Begitulah tanpa disadari orang-orang sudah bertindak tanpa sadar karena data statistik yaitu hasil quick count tadi untuk berdiskusi.

Begitu juga dalam pembelian suatu produk, masyarakat sering kali lebih percaya dengan produk yang  menyertakan hasil riset statistik dalam iklannya dibandingkan yang tidak. Kemudian ada pula supporter sepak bola yang senang dan bangga dengan kehebatan tim kesayangannya kendati ia hanya melihat rincian statistik pertandingannya saja tanpa menonton langsung.

Sebenarnya seperti itulah data statistik, tanpa kita sadari sebenarnya sangat akrab dalam kehidupan kita. Bahkan turut menjadi salah satu indikator bagi diri kita untuk mengambil keputusan. Kita tak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara mereka mendapatkan data statistik itu. Kita hanya perlu menyerap informasi yang sekiranya kita butuhkan sesuai dengan kapasitas kemampuan kita, agar dapat memunculkan tindakan nyata untuk membuat perubahan bagi perkembangan dan pembangunan di Kalimantan Tengah.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar